Poopee Whoopee | Popok Kain Itu Menyenangkan!

cloth diapering is fun!

Popok Kain untuk Bayi Baru Lahir

Sedang menunggu kelahiran si kecil? Atau baru saja melahirkan? Menjadi orang tua baru atau menunggu kedatangan si adik sama-sama membuat deg-degan, gembira sekaligus cemas karena kita ingin melakukan yang terbaik. Apalagi kalau inilah kali pertama Anda ingin menggunakan popok kain. Yuk, kita sama-sama cari tahu bagaimana memilih popok kain untuk bayi baru lahir.

Ada beberapa hal mendasar yang perlu dipertimbangkan ketika kita ingin memakaikan popok kain pada si mungil yang baru lahir, yaitu tipe, ukuran dan, tentunya, anggaran. Ketiganya saling mempengaruhi dan semuanya berhubungan dengan karakteristik bayi baru lahir.

Kebanyakan bayi yang baru lahir sering sekali pup dan pipis sehingga dalam sehari bisa sering sekali ganti popok, sekitar 10-12x di 3-4 bulan pertama. Karena di masa-masa awal kita perlu cukup banyak popok, salah satu tipe yang disukai adalah flat diapers alias alas ompol dan prefolds. Tapi kalau pakai flats dan prefolds kita butuh cover yang waterproof supaya gak sebentar-sebentar basah. Untuk covernya kita bisa pakai clodi yang bersistem all-in-two atau diaper cover. Nanti kalau sudah makin besar, dengan frekuensi dan volume pipis yang juga berubah, biasanya sistem pocket atau all-in-one akan lebih memadai. Dan kalau sudah pakai tipe pocket ini, si flats dan prefolds tetap bisa dipakai sebagai insertnya.

Yang selanjutnya perlu dipikirkan adalah ukuran. Banyak popok kain berjenis one-size, artinya punya ukuran S-M-L yg bisa diatur dengan kancing, bisa dipakai dari 3 kg (baru lahir) sampai sekitar 13-15 kg (2-3 tahun). Ini memang sangat menguntungkan tapi ternyata banyak bayi baru lahir yang masih sangat mungil. Walaupun lahir dengan berat 3 kg, si kecil bisa aja belum bisa pakai popok one-size karena tetap masih terlalu besar. Apalagi kalau si kecil ternyata lahir prematur, tentu popok kain one-size tidak bisa langsung dipakai. Kalau kita memaksakan pakai popok yang masih terlalu besar, resiko bocor bisa sangat tinggi karena masih banyak celah di paha maupun pinggangnya. Oleh karena itu, akan sangat bijaksana kalau kita juga menyiapkan popok kain khusus bayi baru lahir, atau sering juga disebut newborn cloth diapers. Sekarang sudah ada popok yang memiliki celah untuk tali pusat yang belum puput sehingga kita bisa langsung memakaikan popok kain pada si kecil sejak hari pertama!

Yang terakhir, soal harga. Kalau kita memang mempunyai dana yang sangat terbatas, kita bisa memilih prefolds, flat diapers dan covernya. Tapi kalau anggaran masih mencukupi, ada baiknya kita memadumadankan tipe-tipe yang ada. Banyak yang mungkin masih berpikir bahwa membeli popok kain dengan ukuran bayi baru lahir dengan harga yang hampir sama dengan popok one-size adalah pilihan yang kurang hemat. Menurut saya, menggunakan popok ini tetap akan lebih hemat dibanding membeli popok sekali pakai sambil menunggu popok one-size cukup untuk si kecil. Apalagi insert popok khusus bayi baru lahir tetap dapat digunakan sebagai booster di popok yang lebih besar. Tetapi, yang paling penting adalah, berapa pun anggaran yang kita miliki, sebaiknya coba beberapa tipe/merk terlebih dahulu sebelum beli salah satu sekaligus banyak. Karena berhemat adalah memastikan kita mendapatkan nilai terbaik dari apa yang kita bayarkan.

Selamat berbelanja popok kain untuk si mungil! :)

Silakan gunakan artikel ini, tetapi jangan lupa menyebutkan atau mencantumkan kami atau halaman ini sebagai sumbernya.

Hubungi kami lewat email ke poopeewhoopee@gmail.com atau sms ke 0878 8288 9002 (pengguna BB boleh meminta pin kami) untuk pertanyaan lebih lanjut tentang produk yang ada di toko kami.

Kunjungi toko kami di Multiply atau Facebook, dan ikuti tweets kami tentang popok kain. Anda juga bisa berlangganan newsletter kami dengan mengisi formulir ini dan dapatkan info seputar popok kain serta promo khusus pelanggan langsung di kotak surat Anda.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 22, 2012 by in Artikel and tagged , , , , , , , , , , .

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan dan mendapatkan notifikasi tulisan baru lewat email.

Bergabunglah dengan 9 pengikut lainnya.

Berlangganan Newsletter

Bergabung bersama kami di Twitter

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: