Poopee Whoopee | Popok Kain Itu Menyenangkan!

cloth diapering is fun!

Kamus Popok Kain versi Poopee Whoopee

Kalau Anda baru menggunakan popok kain, kemungkinan besar Anda sekarang sedang kebingungan mengenali jenis-jenis popok yang ada atau membaca istilah-istilah yang sering digunakan. Supaya kebingungan Anda tidak bertambah parah, silakan baca kamus (setidaknya untuk istilah yang akan Anda temukan di Poopee Whoopee) berikut ini:

Jenis Popok Kain

Pocket Diaper

Popok kedap air dengan kantung tempat memasukkan insert. Tidak dapat dipakai tanpa insert. Setelah dilengkapi insert, penggunaannya sangat praktis karena sama dengan penggunaan popok sekali pakai, atau disposable diapers (dispos).  Biasanya ada 2 sistem penutup, kancing tekan atau Velcro. Jika popok kotor, semua bagiannya, baik popok maupun insert, harus diganti dengan yang bersih.

All-In-One atau AIO

Popok kedap air tanpa kantung, tidak memerlukan insert. Praktis karena paling mirip dengan popok sekali pakai, atau disposable diapers (dispos). Ada yang berbentuk popok biasa, ada yang seperti celana. Yang berbentuk celana biasa disebut juga pull-up diapers atau pull-up pants. Karena penyerap menyatu dengan popok, perlu lebih teliti dalam membersihkan kotoran dan kadang butuh waktu lama untuk dikeringkan. Kini tersedia juga AIO yang memiliki kantung tempat memasukkan insert kalau kita membutuhkan daya tampung lebih. Jenis yang seperti ini biasanya akan lebih cepat kering dibanding AIO biasa.

All-In-Two atau AI2

Popok kedap air tanpa kantung, tetapi memerlukan insert. Insert ditempelkan di atas popok dengan kancing tekan. Kalau kotoran bayi hanya mengotori insert dan tidak mengenai popok, orangtua atau pengasuh cukup mengganti insertnya saja. Ini dapat membantu mengurangi jumlah cucian kotor dan relatif lebih ekonomis karena mungkin orangtua atau pengasuh hanya perlu memperbanyak koleksi insert.

One-Size Diaper

Popok kedap air yang disebut “one-size” adalah popok yang dapat dipakai dari bayi baru lahir sampai masa potty training. Pengaturan ukuran tinggi popok menggunakan kancing tekan sementara lingkar pinggang menggunakan kancing tekan atau Velcro. Kebanyakan popok kain dapat digolongkan sebagai one size diaper.

Pull-up Diaper

Popok kedap air yang berbentuk dan dapat dipakaikan kepada anak seperti celana. Biasanya tak berkancing atau berkancing samping dengan pinggang yang elastis. Cocok untuk anak yang sudah tidak bisa tetap diam ketika sedang digantikan popoknya.

 

Bagian Popok Kain

Outer

Bagian luar popok. Biasanya terbuat dari bahan PUL, velour atau minky, atau campuran polyester dengan katun. Bagian inilah yang berperan besar membuat popok kedap/anti air.

Inner

Bagian dalam popok, bersentuhan dengan kulit bayi. Biasanya terbuat dari bahan microfleece, suedecloth atau bamboo.

Insert

Kain penyerap cairan, digunakan bersama pocket diaper atau AI2. Biasanya terbuat dari bahan microfiber, baby terry atau bamboo.

Soaker Pad

Sebutan lain untuk insert, terutama yang digunakan untuk popok kain berjenis AI2 atau insert yang tidak dimasukkan ke dalam kantong.

Velcro atau Aplix atau Kancing Perepet

Salah satu jenis perekat popok kain.

Snaps atau Kancing Tekan

Salah satu jenis perekat popok kain.

Asesoris

Cloth Wipes

Pengganti kapas atau tisu basah. Lebih hemat karena bisa dicuci ulang.

Liner

Kain yang diselipkan di antara popok atau insert dan kulit bayi. Kegunaannya adalah untuk menampung kotoran bayi. Jika kotor, orangtua atau pengasuh dapat mengganti liner saja dengan yang bersih.

Wet Bag

Tas kedap air untuk menyimpan popok kain kotor ketika sedang bepergian.

 

 

Silakan gunakan artikel ini, tetapi jangan lupa menyebutkan atau mencantumkan kami atau halaman ini sebagai sumbernya.

Hubungi kami lewat email ke poopeewhoopee@gmail.com atau sms ke 0878 8288 9002 (pengguna BB boleh meminta pin kami) untuk pertanyaan lebih lanjut tentang produk yang ada di toko kami.

Kunjungi toko kami di Multiply atau Facebook, dan ikuti tweets kami tentang popok kain. Anda juga bisa berlangganan newsletter kami dengan mengisi formulir ini dan dapatkan info seputar popok kain serta promo khusus pelanggan langsung di kotak surat Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Februari 16, 2012 by in Artikel and tagged .

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan dan mendapatkan notifikasi tulisan baru lewat email.

Bergabunglah dengan 11 pengikut lainnya

Berlangganan Newsletter

Bergabung bersama kami di Facebook

Bergabung bersama kami di Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: