Poopee Whoopee | Popok Kain Itu Menyenangkan!

cloth diapering is fun!

Ada Harga Ada Rupa: Merk Popok Kain Lokal vs Impor

Pilihan popok kain modern saat ini sangat beragam, apalagi merk lokal maupun impor sangat mudah didapatkan di begitu banyak online shop. Calon pengguna yang masih belum terbiasa dengan beberapa istilah popok kain biasanya akan (tambah) bingung melihat banyaknya merk yang tersedia, apalagi perbedaan harga yang dipasang bisa begitu jauh. Apakah benar harga dan kualitas selalu berbanding lurus? Dan haruskah kita takluk pada pepatah “ada harga ada rupa”?

Kalau yang kita maksudkan dengan kualitas adalah performa popok ketika dipakai, maka berdasarkan pengalaman saya menggunakan popok kain selama hampir 3 tahun, terkadang harga yang lebih tinggi tidak langsung berarti kualitasnya jauh lebih baik. Beberapa merk lokal yang menggunakan material standar seperti microfleece, suedecloth atau microfiber terbukti memiliki performa yang sama baiknya dengan merk impor dengan bahan sama walaupun selisih harganya cukup jauh.

Kalau kualitas yang kita bicarakan adalah tingkatan atau grade bahan, memang kadang saya bisa melihat bahwa microfiber yang digunakan oleh merk impor kadang lebih tinggi tingkatnya dibanding yang lokal. Tapi, karena sekarang kebanyakan bahan lokal, seperti microfleece, suedecloth dan microfiber, pun sudah sangat baik kualitasnya, kita tidak perlu khawatir ketika membeli merk lokal yang memang sudah terkenal bagus.

Namun, kalau kita ingin mencoba bahan-bahan organik, seperti bamboo atau hemp dan tipe-tipe popok kain seperti all-in-one, fitted atau hybrid dengan warna dan motif yang lebih beragam, maka kita memang harus siap membayar lebih. Apalagi jika kita memang mencari popok dengan daya serap tinggi yang cocok digunakan untuk tidur di malam hari atau dalam perjalanan. Setelah mencoba beberapa merk premium saya pun mengerti kenapa popok-popok tersebut diberi harga tinggi. Setiap komponennya terbuat dari bahan pilihan dengan grade yang tinggi sehingga selain memperlihatkan kesan mewah juga memiliki performa dan daya tahan yang sangat memuaskan.

Salah satu ahli popok kain terkenal dari Amerika, Kelly Wels, pernah menganjurkan lewat Twitternya supaya kita tidak memilih popok yang terlalu murah karena ia khawatir tak akan bisa bertahan lama. Hal ini sangat logis karena kadang beberapa bahan dengan grade yang tidak terlalu tinggi akan cepat rusak atau berkurang performanya setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Apalagi terkadang kita perlu melakukan stripping yang memerlukan penggunaan air panas sebagai bagian perawatan popok kain. Lapisan waterproofing atau PUL yang kurang baik, misalnya, akan lebih cepat terkelupas kalau terlalu sering dicuci dengan air panas.

Untungnya, sekarang beberapa merk lokal sudah bisa menawarkan bahan premium dan model popok kain yang beragam dengan harga terjangkau. Memang harganya masih tergolong lebih tinggi dibanding sejumlah merk lokal lainnya, tapi sangat sepadan dengan fitur dan pilihan bahan yang ditawarkan. Sepertinya merk popok kain seperti ini yang bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mencoba bahan berkualitas tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak.

Kesimpulannya, dalam memilih popok kain, kita harus mengetahui bahan apa saja yang digunakan oleh merk-merk yang tersedia serta mengerti benar apa yang kita cari atau butuhkan dari popok kain. Kalau kita mempunyai dana yang terbatas, pastikan kita memilih merk yang walaupun harganya terjangkau tetap menggunakan bahan dengan performa yang baik. Kalau memang mempunyai dana lebih atau si kecil memang butuh popok kain dengan daya serap tinggi, kita boleh memberanikan diri membeli popok dengan merk premium yang khusus untuk dipakai pada saat tidur atau bepergian. Kalau kita tahu value yang akan kita dapatkan, tentu kita bisa mengurangi risiko boros. Ingat lho, berhemat itu tidak selalu berarti mengeluarkan lebih sedikit uang, tetapi bagaimana kita membelanjakan uang tersebut dengan bijak. Selamat berbelanja popok kain!

 

Terima kasih kepada Petta Rosetta (@akupetta) yang telah mengusulkan topik ini.

 

Silakan gunakan artikel ini, tetapi jangan lupa menyebutkan atau mencantumkan kami atau halaman ini sebagai sumbernya.

Hubungi kami lewat email ke poopeewhoopee@gmail.com atau sms ke 0878 8288 9002 (pengguna BB boleh meminta pin kami) untuk pertanyaan lebih lanjut tentang produk yang ada di toko kami.

Kunjungi toko kami di Multiply atau Facebook, dan ikuti tweets kami tentang popok kain. Anda juga bisa berlangganan newsletter kami dengan mengisi formulir ini dan dapatkan info seputar popok kain serta promo khusus pelanggan langsung di kotak surat Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 1, 2012 by in Artikel and tagged .

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan dan mendapatkan notifikasi tulisan baru lewat email.

Bergabunglah dengan 11 pengikut lainnya

Berlangganan Newsletter

Bergabung bersama kami di Facebook

Bergabung bersama kami di Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: